Enable JavaScript to visit this website.

Radang Telinga Tengah

Radang telinga merupakan penyakit rongga telinga tengah pada anak-anak yang multifactorial dan penyebabnya beraneka ragam. Sering ditemukan tanpa gejala namun bisa juga berulang, sulit diobati, dan menjadi kronik dengan keluarnya cairan dari telinga. Pada anak, radang telinga tengah merupakan penyebab utama kunjungan ke dokter, peresepan antibiotic, dan tindakan bedah. Sebagian radang telinga tengah dapat sembuh sendiri, namun hal ini tergantung usia anak dan beratnya penyakit.Di luar negeri sebelum diperkenalkannya vaksin pneumokokus, puncak kejadian ditemukan pada anak usia 6-11 bulan. Hingga usia 3 tahun, hamper 85% anak-anak akan mengalami satu kali atau lebih radang telinga tengah. Walaupun telah tersedia pengobatan, radang telinga tengah yang berulang dapat mengakibatkan gejala sisa dan komplikasi, seperti gangguan pendengaran, keterlambatan bicara, hingga komplikasi pada otak.

Pneumokokus merupakan kuman yang sering menjadi penyebab awal radang telinga tengah, yang akan berlanjut menjadi rangkaian infeksi oleh penyebab kuman-kuman lainnya. Oleh karena itu upaya mengurangi radang telinga tengah sejak awal dengan upaya vaksinasi pneumokokus akan mampu menurunkan penyakit, kerusakan telinga tengah, dan rangkaian infeksi telinga tengah yang melibatkan kuman-kuman lainnya.

Sumber: Dagan R, Pelton S, Bakaletz L, Cohen R. Prevention of early episodes of otitis media by pneumococcal vaccines might reduce progression to complex disease. Lancet Infect Dis 2016; 16: 480-92

Share:
Anda meninggalkan situs cegahpneumokokus.com Pfizer Indonesia untuk menuju ke situs pihak ketiga. Pfizer tidak bertanggung jawab atas konten atau keamanan dari situs web pihak ketiga.