Enable JavaScript to visit this website.

Pneumonia atau Radang Paru

Pneumonia atau Radang Paru

Apa Itu Pneumonia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pneumonia merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae dan merupakan salah satu jenis penyakit pneumokokus. Pneumonia atau radang paru sendiri merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan yang menjadi penyebab kematian utama balita di dunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), dari seluruh kematian anak di bawah 5 tahun, pneumonia berkontribusi terhadap 15% dari seluruh kematian anak dibawah 5 tahun yang artinya sekitar 922.000 anak meninggal karena pneumonia di tahun 2015. Sedangkan di Indonesia, Pneumonia atau Radang Paru merupakan salah satu penyebab kematian terbesar bayi dan anak balita. (Source: World Health Organization. Pneumonia. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs331/en/. Accessed March 10, 2016)

 

Gejala Pneumonia

Gejala yang terjadi jika sang buah hati terkena pneumonia pun cukup beragam lho Bunda. Seperti demam dan menggigil, batuk, sesak napas, dan sakit di bagian dada. Sepintas gejalanya seperti penyakit ringan biasa, namun jika tidak ditangani secara benar bisa berakibat fatal. (Source: Centers for Disease Control and Prevention. Pneumococcal Disease. http://www.cdc.gov/pneumococcal/about/symptoms-complications.html. Accessed February 1, 2016)

 

Pencegahan Pneumonia

Bunda, melakukan Imunisasi PCV (Vaksin Pneumokokus) adalah cara untuk mencegah penyakit pneumokokus. Imunisasi PCV lengkap diberikan secara berkala pada bayi di usia 2, 4, 6, dan 12 – 15 bulan. Jika imunisasi PCV terlambat dari jadwal yang direkomendasikan, segera berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk mendapatkan imunisasi PCV sesuai dengan pedoman imunisasi di Indonesia. (Source: Pedoman Imunisasi di Indonesia. Badan Penerbit IDAI. 2017)

Share:
Anda meninggalkan situs cegahpneumokokus.com Pfizer Indonesia untuk menuju ke situs pihak ketiga. Pfizer tidak bertanggung jawab atas konten atau keamanan dari situs web pihak ketiga.